Review Buku BE EM BE

by - November 13, 2017


Assalamuaalaikum, bagaimana kabar Anda semua wahai para muslimah di seluruh dunia? Adakah hari Anda menyenangkan selalu?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa saya mesti menanyakan tentang hari-hari Anda apakah menyengkan atau sebaliknya?
Baiklah, jawabannya karena kali ini saya akan menceritakan sebuah buku yang ditulis  Mba Nurdiah. Beliau adalah seorang penulis perempuan yang aktif menulis dan akhirnya melahirkan sebuah buku solo.
Perkenalan saya dengan Mba Nurdiah yang sehari-harinya dipanggil Mba Diah ini melalui komunitas kepenulisan dan grup messeger Joeragan Artikel saat beliau sedang mengikuti sebuah training penulisan dan saya menjadi admin trainingnya. Kemudian beliau menawarkan untuk mereview buku ini. Tanpa pikir panjang saya langsung menyambut baik niat baik beliau.

Sebelumnya, saya minta maaf secara pribadi kepada Mba Diah karena setelah sekian lama bukunya baru selesai saya baca dan pengerjaan reviewnya pun langsung saya kebut. Semoga dimaklumi ya Mba Diah hehe...

Buku yang menceritakan seluruh aktivitas para muslimah mulai dari urusan rumah tangga yang nyaris tidak ada habisnya sampai mencari solusi untuk permasalahan-permasalahan yang kerap hadir menyapa para muslimah baik yang total berperan sebagai ibu rumah tangga biasa alias tidak bekerja diluar rumah ataupun yang berkarir diluar rumah.

Membaca bab demi bab buku yang memiliki ketebalan 263 halaman ini hampir seperti membaca buku diary sendiri. Tulisan Mba Diah yang sudah dikarunia 3 orang putra dan putri ini indh mengalir bagaikan air menuju hulu sungai. Dan uniknya masing-masing babnya beliau selalu menambahkan petikan-petikan hikmah yang mampu dipetik untuk kemudian menjadi kata-kata motivasi bagi para pembacanya. Sungguh sebuah bacaan yang inspiratif.

Salah satu bab yang saya sukai dan sangat relevan dengan masalah kekinian yaitu ketika Mba Diah menceritakan tentang bagaimana bullying yang pernah menimpa anaknya mampu ia sikapi dengan bijaksana. Ia menyelipkan ajaran-ajaran Rasulullah SAW tentang bagaimana seharusnya seorang muslim membela dirinya jika terus-menerus mendapatkan perlakuan perundungan.

Ahhh, saya banyak menemukan tulisan-tulisan dalam buku yang diterbitkan secara mayor label ini yakni oleh PT Elex Media Komputindo, seakan sedang menceramahi saya secara diam-diam dalam banyak hal. Bisa dikatakan buku ini “Gue banget!”
Satu lagi kelebihan buku ini yaitu terletak dari gaya bahasanya yang seolah sedang bertutur. Dengan kata lain, penulis membawa pembaca ke alamnya. Dimana ketika membaca buku ini seakan penulis sedang membacakan cerita tentang aktivitas dirinya sebagai ibu rumah tangga dan keseruan sebagai seorang ibu. Bahkan kadangkala kita ikut larut dalam satu momen yang mungkin sedang kita alami.

Saya kok makin tertarik dengan sudut pandang Mba Diah mengenai suatu permasalahan dan mengangkatnya menjadi sebuah suguhan yang menarik, ringan dan pada akhirnya membuat helai demi helai buku BE EM BE ini tuntas.

Oia, hal yang tidak kalah uniknya lagi penulis selalu menyampaikan sumber-sumber tulisannya. Disamping menghindari kasus plagiarisme, saya dengan keyakinan penuh menduga bahwa Mba Diah ingin mengedukasi para pembacanya dengan selalu mengakui keaslian sebuah karya tulis. Sebuah perilaku tercela yang akhir-akhir ini sering melanda para penulis.

Bahwa menulis itu berawal dari sebuah kegelisahan jiwa akan sesuatu hal, lalu menuliskannya demi alasan memberi banyak manfaat bagi orang lain. Saya rasa untuk itulah buku BE EM BE buah karya dari Mba Nurdiah ini lahir dan hadir untuk parab muslimah di seluruh dunia.

Bagi Anda yang berminat ingin kenal lebih dekat dengan penulis yang ramah ini dapat melalui email : diah3anak@gmai.com atau FB : Siti Nurdiah dan Blog : www.diah3anak.blogspot.com

Wassalamualaikum...

You May Also Like

0 komentar