Buah-buahan Ini Asli Indonesia Tapi Nyaris Punah

by - November 13, 2017

Pernahkah terbayang oleh Anda tanaman buah asli Indonesia nyaris punah? Bahkan varietasnya semakin sulit ditemukan atau bahkan lebih mengerikannya kamu sendiri mungkin belum pernah mengenal tanaman buah asli tanah air yang awal kemunculannya dahulu pernah menjadi primadona.

Kali ini saya akan menyajikan informasi tentang buah-buahan yang hampir punah di tanah air:


Buah Manau. Buah manau ini banyak ditemukan di Kepulauan Belitung, Kepulauan Bangka, Kalimantan dan sebagian Sumatera. Buah manau merupakan buah dari tanaman rotan, rasanya asam manis. Dianjurkan bagi Anda yang kurang menikmati rasa aslinya untuk mengolahnya menjadi asinan. Bentuknya mirip buah salak tapi tidak memiliki duri layaknya buah salak. Besar buah manau hanya sebesar kelereng dan kulitnya berwarna coklat pucat.

Buah Lai. Buah Lai atau lebih dikenal dengan nama durian tinggang ini sangat banyak ditemukan di daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Tampilan luarnya nyaris persis sama dengan durian. Demikian juga dengan daging buahnya. Namun yang membedakannya dengan buah durian adalah, aromanya tidak setajam durian, serta daging buahnya yang berwarna kuning cenderung oranye dan rasanya sama-sama manis seperti rasa buah durian.

Buah Gandaria. Buah yang menjadi nama salah satu kawasan di Jakarta Selatan ini banyak tumbuh di Sumatera dan Thailand. Bentuknya mirip mangga, namun memiliki daging buah yang berbeda dengan mangga. Sebagian masyarakat menamakan buah ini dengan jatake. Buah gandaria yang matang berwarna kuning dengan cita rasa kecut-manis dan daunnya di konsumsi sebagai lalapan.

Buah Matoa. Tanah Papua lagi-lagi mempunyai hasil alam yang sangat kaya. Buah matoa yang menjadi khasnya Papua ini hanya bisa menghasilkan buahnya dalam setahun sekali ini memiliki pohon yang sangat tinggi, yaitu sekitar 18 meter dari permukaan tanah. Bentuknya hampir mirip rambutan aceh, namun mempunyai warna kulit buah yang berwarna merah. Buah matoa mempunyai dua jenis yaitu matoa papeda dan matoa kelapa.

Buah Menteng. Buah asli Pulau Jawa ini kadang-kadang masih bisa dijumpai di pekarangan rumah penduduk Jakarta dan Bogor. Rasa buah menteng ini cenderung asam bercampur manis. Tampilanya sekilas mirip duku atau langsat. Tapi, daging buahnya berwarna merah jika sudah matang dan berwarna putih jika masih muda.

Buah Kepel. Daerah istimewa yogyakarta pun memilki buah asli daerahnya yaitu buah kepel atau burahol (istilah Sunda). Buah yang konon sejarahnya menjadi buah idola para puteri keraton jawa ini mempunyai khasiat membuat keringat menjadi wangi dan air kencing tidak berbau tajam. Aroma buah kepel sendiri wangi seperti bunga mawar bercampur buah sawo.

Buah Rukem. Buah rukem atau rukam merupakan buah asli Nusantara, tapi lebih banyak dijumpai di Sumatera. Buahnya dapat langsung dimakan segar atau diolah menjadi selai. Sebelum dimakan buah rukem harus dipijit-pijit dulu bagian luarnya supaya rasa sepatnya hilang. Buah rukem banyak dicari orang karena memiliki khasiat sebgai pengobatan pencernaan seperti diare, menurunkan berat badan dan mengatasi menstruasi.

Dari seluruh nama buah-buahan diatas, apakah Anda sudah mencicipi salah satunya?









You May Also Like

0 komentar