Tempat Wisata Keren di Ranah Minang

by - Juni 13, 2017

Satu-satunya desa paling indah berada di Ranah Minang, Sumatera Barat. Demikian survey menurut sebuah sumber berita valid. Namanya, Desa Pariangan. Sebuah desa yang terletak di sebuah landskap sangat memukau mata. Alam yang masih asri beserta bangunan yang masih bercirikan arsitektur minang asli.

Pariwisata di Sumatera Barat sedang menggeliat. Berbagai lokasi wisata bangkit berbenah diri. Dukungan pemerintah setempat sangat berperan. Terbukti dengan menggeliatnya aspek wisata di Sumatera Barat. Terutama situs sejarah yang kini menjelma menjadi destinasi wisata incaran para wisatawan lokal dan mancanegara.

Tempat apa saja yang wajib kamu jajal jika berkunjung ke Sumatera Barat?

Mari simak beberapa lokasi keren berikut yaa:
1. Jam Gadang, sebagai ikon kota Bukit Tinggi.
Jam gadang ini terletak persis di jantung kota Bukit Tinggi. Bangunan yang mirip dengan menara Big Ben di Westminister, London Inggris. Padahal tidak ada fakta sejarah yang menceritakan kesamaan keduanya.
Konon, jam gadang ini dibangun pada tahun 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada seorang sekretaris fort de kock (Bukit Tinggi sekarang) . Uniknya jam gadang di buat oleh seorang arsitek lokal bernama Yazin Sutan Gigi Ameh.



2. Istano Basa Pagaruyuang.
Jika kamu ingin melihat secara dekat bagaimana sejarah kerajaan Minangkabau, kamu wajib datang ke Kabupaten Tanah Datar. Bagunan istana ini memang hanya replika dari bangunan asli yang telah musnah sekitar abad 19. Keindahan sebuah istana yang rancak dan megah akan membuat kamu terkagum luar biasa. Oya, lokasi ini jaraknya sekitar 35 km dari kota bukit tinggi. Tidak jauh bukan?


3. Batu Malin Kundang.
Siapa yang tidak pernah mendengar kisah Malin Kundang? Agaknya semua anak senang bila di ceritakan kisah malin kundang. Legenda asli dari ranah minang ini memiliki peninggalan sebuah batu mirip seorang anak yang sedang bersujud. Lokasinya berada di pantai Aie Manih, Kecamatan Padang Selatan. Jaraknya sekitar 2 jm perjalanan darat dari istano pagaruyuang tadi ya.


4. Museum Adityawarman.
Museum ini merupakan museum budaya kebanggaan ranah minang. Disini kalian akan menyaksikan sekitar 6000 koleksi peningalan sejarah.


Nah, mengisi musim liburan kali ini traveling ke ranah minang yuks…


You May Also Like

0 komentar