Behind The Scene Lahirnya Antologi The Unspoken Love

by - April 28, 2017


Buku Antologi itu merupakan sebuah buku yang ditulis secara bersama-sama dengan penulis lainnya. Namun, memiliki tema yang serupa.

Saya dulu pernah bermimpi akan menulis sebuah buku. Rasa percaya mulai saya pupuk sedikit demi sedikit. Berkat dukungan suami, anak-anak dan para guru kepenulisan, akhirnya sebuah buku yang pernah diimpikan menjadi kenyataan.

Saya berangkat dari mimpi, semua bisa terjadi.

Ketika ditanya sulitkah menulis antologi?

Tergantung dari sudut pandang mana melihatnya. Bila memang menulis merupakan passion kalian maka hambatan apapun pasti akan ditaklukkan.
Buku Antologi perdana saya dirilis bersama dengan para penulis hebat dari alumni @Joeragan Artikel. Sebuah komunitas kepenulisan tempat saya bernaung selama ini selain Indscript.

Akhir tahun 2016, kami hanya membuka obrolan ringan hendak bikin buku bersama-sama. Singkat cerita, akhirnya pihak @Joeragan Artikel, Indscrip dan Emakpintar.asia merestui. 

Temanya Biarkan Emak Jatuh Cinta Lagi. Sebuah tema yang cukup menantang sebenarnya. Menulis fiksi sekalian curhat sepertinya hehe...


Proses yang dilalui ketika melahirkan buku Antologi ini, meliputi:
1. Menyamakan persepsi antar penulis bahwa semua berlatar fiksi. Ada juga yang memilih non fiksi, jadinya berbentuk Memoar.
2. Mengumpulkan naskah, lalu self editing. Ini dilakukan beramai-ramai. Artinya setiap naskah yang sudah jadi kami koreksi secara bersama-sama.
3. Menunjuk seorang penanggung jawab naskah guna dikirim ke penerbit. Didapatlah Nurdianah sebagai PJ yang kelak akan berurusan dengan penerbit.
4. Mencari penerbit. Diputuskan penerbit indie yang kami gunakan yaitu Stiletto yang beralamatkan di Jogja.
5. Biaya cetak, ISBN, proofreader,edit, cover dan sampel buku sebesar 2 jutaan, ditanggung bersama.
6. Perjanjian pembagian royalti dijelaskan diawal kontrak.
7. Orderan buku sifatnya by order. Bila ada pesanan, baru dicetak.Proses cetak berlangsung 7 hari kerja.
8. Buku sampel selesai cetak pada hitungan minggu ke empat sejak pengumpulan naskah. Berarti dalam waktu 1 bulan buku sudah dapat diorder secara massal.

Ternyata, proses penerbitan buku tidak serumit yang pernah saya bayangkan.

Bahagia tak terkira saat buku yang pertama kali memuat nama dan karya saya sampai ke pelukan. Sejak saat itu saya yakin dengan restu Allah, mimpi akan tercapai diiringi usaha yang terus menerus untuk mencapainya.

Buku Antologi THE UNSPOKEN LOVE dan Memoar Diary of Love dapat dipesan melalui saya di WA 0896-8198-4390.

Buku yang saya kirim pada pembaca itu adalah buah "pikir" dan "olah rasa" yang saya lahirkan dengan besar hati.

Semoga kisah behind the scene lahirnya buku Antologi Perdana ini, sebagai start karir kepenulisan saya yang cemerlang ke depannya. Amin Ya Rabbana...

Semoga kisah ini mampu menginspirasi semua orang...

#EmakPenulis
#AntologiPerdana
#BehindTheScene
#OrderYuuk



You May Also Like

0 komentar