Selamat Datang Usia Cantik

by - November 22, 2016


Cantik bagi perempuan merupakan sebuah kata keramat. Ketika setiap kali mendengarnya, kata cantik itu seakan ditujukan pada siapapun. Sedemikian dahsyat efek kata cantik bagi perempuan.
Memang sudah kodratnya, setiap perempuan menginginkan untuk menjadi cantik. Segala usaha dilakukan demi mengejar satu kata cantik. Mulai dari cara alami sampai cara yang ekstrim.

Berbicara mengenai usia cantik, usia berapa sih perempuan dikatakan memasuki usia cantik?

Menurut L'Oreal, usia 35-45 tahun merupakan usia cantik. Mengapa?

Alasannya, pada usia tersebut, perempuan sedang memasuki usia dimana telah memaknai arti cantik yang sebenarnya. Seperti matang secara emosional, matang dalam bersikap, menjaga diri dari hal negatif. Sehingga, kecantikan yang terpancar bukan lagi semata terfokus pada kecantikan fisik semata. Tapi lebih kepada inner beauty. Kecantikan yang terpancar dari dalam hati, gerak tubuh dan tutur kata.

Usia saya saat ini baru saja memasuki angka 36 pada bulan September kemarin. Event ini sangat sesuai dengan apa yang sedang saya rasakan dan jalani. Perempuan usia 35 keatas, seperti saya justru sedang tengah berada pada puncak kecantikannya.

Sekedar berbagi pengalaman, bahwa cantik menurut kacamata saya saat ini adalah:
1. Matang secara pola pikir.
Usia saya 36 tahun, tentu secara fisik mulai ada penurunan elastisitas kulit, kerut mulai muncul, kantong mata dan sebagainya. Namun, itu tidak menjadikan saya kehilangan percaya diri (PD). Justru sebaliknya, PD saya semakin meningkat.

Karena sebagai Ibu dari 3 orang anak, aktivitas domestik mulai berkurang. Sebab ketiga anak-anak mulai bersekolah dan sudah mulai sibuk dengan rutinitas mereka. Otomatis, saya memiliki banyak waktu luang untuk menggali kembali potensi saya ketika muda. Berawal dari Me Time, saya suka membaca dan menulis. Berbagai buku saya lahap: buku motivasi, novel, biografi dan karya sastra.

Setahun belakangan ini, saya aktif kembali menulis. Dan saya juga tergabung dalam komunitas Blogger Perempuan. Aktivitas menulis saya lakukan dimana saja. Blog, Sosial media, Artikel atau hanya tertahan di laptop.

Pola berpikir saya berubah, semakin bertambahnya usia. Saya berpikir bahwa, cantik fisik akan segera pudar dimakan waktu. Tetapi, bila cantik dilihat secara luas yakni pola pikir yang semakin berkembang itu jauh lebih indah.
Melakukan sebuah kegiatan yang positif bagi perempuan merupakan tindakan bijak. Seiring dengan itu, pola pikir akan bertumbuh kearah yang semakin baik.

2. Matang secara emosional. Adakah kita memperhatikan bila perempuan usia 35 keatas itu justru memiliki semangat hidup yang tinggi. Seperti menghadiri berbagai acara, sekedar Reuni dengan teman sekolah, atau hanya sekedar arisan ibu-ibu.
Konon menurut psikolog, kecantikan yang mapan itu pada saat perempuan mampu memenej emosinya dengan baik. Berkumpul dengan banyak orang dan keluar dari rutinitas rumahtangga membuat emosi kita seimbang. Apa sebab?
Karena umumnya, di usia cantik ini, perempuan sudah memiliki keluarga yang bahagia dengan suami dan anak-anak yang menggemaskan. Ini menambah aura positif dalam diri kita. Dan tahukah, ini menambah poin kecantikan bagi kita. Hati yang bahagia akan berbanding lurus dengan kecantikan.

3. Mampu berbuat untuk dirinya dan berpengaruh bagi lingkungan sekitarnya.
Tahap ini, merupakan suatu manifestasi kecantikan yang luar biasa. Misalnya, aktif di kegiatan sosial dan menulis.

Menulis dapat menjadi ajang positif untuk berbagi pada banyak orang. Banyak hal yang bisa dituliskan. Berbagai pengalaman hidup sebagai ibu rumah tangga, wanita karir sukses dan penggiat sosial dapat menjadi ide tulisan.

Seperti kata Pramudya Ananta Toer," Sepandai apapun seseorang, bila ia tidak menulis, maka ia akan hilang dari peradaban manusia dan dari sejarah".

Jadi, pada kesempatan ini saya ingin mengatakan bahwa cantik secara fisik bukanlah sesuatu yang abadi. Tetapi kecantikan emosi dan pola pikir itu akan mampu menginspirasi dan abadi.

Selamat datang usia cantik ...

Lomba Blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L'Oreal Revitalift Dermalift.

You May Also Like

4 komentar

  1. Setuju mba, cantik yang sebenarnya adalah cantik yang dari dalam, inner beauty. Saya punya teman yang wajahnya biasa-biasa saja namun akhlaknya sangat santun. Siapapun pasti betah bersamanya. Saya selalu mengenangnya karena kini beliau telah pergi untuk selamanya. *maaf jadi curcol di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mba haeriah atas kunjungannya di blog saya. semoga banyak teman kita yang memiliki inner beauty.

      Hapus
  2. Balasan
    1. yess mba astin. sebab, sepemahaman saya pengelolaan emosi yang baik akan memunculkan aura kecantikan yang nyata. terimaksih ya atas kunjungannya di blog saya.

      Hapus