5 Pilihan bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

by - Oktober 21, 2016


Ibu Rumah Tangga (IRT) berbisnis sudah jamak di masyarakat kita. Bisa dikatakan sebagian besar bisnis kecil dan menengah dikerjakan oleh IRT.
Bagi IRT yang sedang atau akan terjun berbisnis, ada baiknya menentukan terlebih dahulu pilihan bisnisnya beserta segala keuntungannya.

Berikut pilihan bisnis untuk IRT:
1. Kuliner.
Dunia masak-memasak memang keahlian para IRT. Bagi IRT yang menyenangi dan ahli membuat masakan, entah kue atau lauk pauk bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai pilihan usaha bisnis. Keuntungannya IRT bisa menghemat biaya pengeluaran jajan anak-anak, menyalurkan hobi dan menghasilkan uang.

2. Salon.
IRT yang menyukai perawatan tubuh di salon dapat menjadikan ini sebagai peluang bisnis. Tentu, disamping suka mesti memiliki keahlian sebagai terapis merawat tubuh. Caranya bisa meng-hire orang lain sebagai tenaga ahli atau sistem kerjasama. Keuntungannya bisa meminimalisir biaya perawatan pribadi di salon lain. Selain hemat, IRT bisa juga terjun langsung sebagai model di salon sendiri.

3. MLM.
Nah, bisnis MLM ini pada umumnya yang paling diminati IRT. Keuntungannya waktu fleksibel, bisa dikerjakan sambil mengurus rumah tangga. Berbagai jenis MLM dapat dijadikan sebagai pilihan bisnis. Mulai dari MLM peralatan rumah tangga, kosmetik sampai obat dan herbal.

4. Online Shop. Toko berbasis online ini sangat marak dikalangan IRT. Keuntungannya tidak membutuhkan toko fisik yang jelas butuh modal besar dan  tidak diberatkan untuk menggaji karyawan.

5. Penulis.
Penulis perempuan banyak yang berasal dari IRT. Bagi IRT yang menyukai dunia kepenulisan, ini dapat dijadikan sebagai pilihan bisnis. Caranya menjadi konsultan di training center yang banyak didirikan oleh para penulis besar, mengirimkan tulisan ke berbagai media atau membuat blog. Keuntungannya sebagai penulis tidak butuh stok barang, tapi hanya butuh stok ide.

IRT yang sejatinya berkutat di dunia domestik tidak menutup kemungkinan mengembangkan potensi diri. Sebab, tuntutan zaman telah membuat para perempuan untuk mandiri secara finansial.
Apapun pilihan bisnis yang akan dilakukan IRT, mengurus rumah tangga dan mendidik anak tetap menjadi skala prioritas.

Mari menjadi perempuan mandiri!

#Nova

You May Also Like

0 komentar