3 Pertanyaan bagus yang dilontarkan ketika anak pulang sekolah

by - Oktober 26, 2016


Nak, dapat nilai berapa tadi pekerjaan rumah kamu? Kamu nakal tidak disekolah?

Apakah pertanyaan seperti ini yang kerap kita lontarkan pada anak ketika ia pulang sekolah? Bila jawabannya iya, betapa kasihannya anak. Ketika anak pulang sekolah, biasanya orang tua sering mempertanyakan sesuatu pada mereka. Namun, tidak semua anak suka ditodong pertanyaan yang terkadang membuat ia semakin kelelahan.

Ayah bunda, jam sekolah di Indonesia hampir full day. Masuk pukul 7 tepat dan berakhir pada pukul 3 sore. Seharian anak berada di sekolah. Dapat dibayangkan kelelahan fisik dan psikis mereka sehari-hari.

Lalu bagaimana peran orang tua supaya semangat anak tetap menyala menjalani aktifitas mereka? Mulai sejak mereka pulang sekolah, sambut, peluk dan bertanya dengan pertanyaan bagus.

Apa saja pertanyaan bagus yang dilontarkan ketika anak pulang sekolah?
1. Bagaimana sekolahnya hari ini, Nak?.
Pertanyaan ini menuntut jawaban tentang perasaan yang dialami anak. Setelah seharian ia berada disekolah, orang tua tidak dapat mengawasi secara langsung pertumbuhan emosional anak. Dari pertanyaan ini, orang tua bisa memperoleh informasi lengkap mengenai aktifitasnya, emosi positif dan negatif yang dialaminya dan terkadang ia punya pandangan tersendiri tentang suatu permasalahan yang ia lihat disekolah. Biarkan ia menceritakan segala hal yang ingin ia ceritakan. Jadilah, pendengar yang baik.

2. Dengan siapa saja kamu bermain di sekolah?
Untuk anak sekolah dasar, pertanyaan ini termasuk penting ditanyakan. Sebab, informasi yang ingin didapat ialah sejauh mana anak mampu beradaptasi dengan teman sebayanya. Apakah ia ada kesulitan mengembangkan kemampuan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal.

Sekolah itu arena menimba ilmu dan bersosialisasi. Pertanyaan ini bisa mendeteksi apakah anak pemalu, takut bergaul atau tidak bisa membuka komunikasi verbal.

3. Apakah pelajaran hari ini menarik bagimu?
Pertanyaan ini dilontarkan guna memperoleh infomasi bagi orang tua, mata pelajaran apa yang ia sukai dan kuasai serta alasannya. Jawabannya dapat digunakan untuk memetakan cita-cita dan melihat kendala yang dihadapi.

Jumlah mata pelajaran sekolah dasar khususnya, jaman sekarang lumayan padat. Mulai dari mata pelajaran wajib seperti Matematika, IPA dan sebagainya sampai muatan lokal seperti Bahasa Daerah. Tentu, tidak semua mata pelajaran dikuasai anak. Tergantung minatnya masing-masing. Hal ini tidak bisa dipaksakan. Tetapi, demi masa depan terbaik anak, orang tua harus selalu memberi semangat pada anak. Salah satu caranya untuk mengajak dialog. Ajak mereka berbicara bahwa semua ilmu itu pasti bermanfaat kelak dalam hidup.

Demikian pertanyaan bagus untuk ditanyakan pada anak ketika ia pulang sekolah. Penekanan aspek afektif sangat kental disini. Aspek kognisi sudah ia dapatkan disekolah, orangtua mengisi aspek afeksinya. Supaya perkembangan anak seimbang kedua aspek ini diharapkan sejalan dengan cara kerjasama yang kooperatif dengan pihak sekolah.

Mari menjadi orangtua bijak!

#NovaYulfia

You May Also Like

0 komentar