Tips sederhana bagi orangtua menghadapi UTS

by - September 22, 2016


Ujian mid semester atau ulangan tengah semester (UTS) bagi sebagian sekolah swasta sedang berlangsung. Selayaknya prosesi ulangan, suasana dibuat seperti ulangan "beneran". Kenapa ? Karena terlihat dari proses tes ini yang khawatir adalah orangtuanya.
Sementara, UTS merupakan permulaan tes dari serangkaian test yang akan dihadapi anak selanjutnya.
Lantas bagaimana tips sederhana bagi orangtua, khususnya bunda dalam mempersiapkan anak untuk mengikuti UTS dengan baik di sekolah?

Berikut tipsnya;

1. Berikan pengertian dan pemahaman pada anak, khususnya murid kelas 1 yang baru mengalami ulangan "serius", bahwa tes ini adalah bentuk prosesi awal untuk melihat keseriusan dan kesiapannya dalam menimba ilmu disekolah.

2. Lakukan simulasi.
Lazimnya ujian adalah tolok ukur keberhasilan seorang anak menempuh pelajarannya. Sebaiknya bunda membantu proses itu dengan melakukan simulasi tes. Waktunya, sekitar seminggu sebelum UTS kerjakan soal-soal latihan seperti sedang UTS dalam kelas.

3. Sadari bahwa hasil UTS bukan akhir dari segalanya.
Terkadang, para orangtua terlalu menekan anak untuk selalu belajar dengan tekun seperti yang dimaui. Padahal ayah bunda mesti sadari, gaya belajar anak itu berbeda. Dan yang paling penting, nilai akademik bukan segala-galanya.

Tan Malaka mengatakan ;"belajar itu proses untuk mempertajam ilmu pengetahuan dan memperhalus budi pekerti".

Mari ayah bunda dampingi putra-putri kita dalam belajar, tapi biarkan mereka tetap bahagia menjalani masa kecilnya. Yakinlah, tanpa tekanan yang berlebihan dari kita, suatu saat ia akan menaklukkan dunia dengan modal kepercayaan diri dan cinta ayah bundanya. Amin.

#edisiBerbagi
#novayulfia

You May Also Like

0 komentar