Awas, ketagihan menulis!

by - September 08, 2016


Tidak hanya rokok dan narkoba yang membuat pelakunya ketagihan. Kegiatan menulis juga memiliki candu yang sama lho. Ah, masa iya?
Dimana letaknya dan bagaimana perilaku ketagihan orang dalam menulis?

1. Ketika mencari ide.
Dalam mencari ide dan menangkap ide tersebut, seseorang butuh waktu untuk berimaginasi. Proses inilah yang paling menyenangkan. Sebab, berkhayal itu seperti menjelajahi dunia tanpa batas ruang dan waktu. Gratis pula. Misalnya, sedang mencari ide bagaimana mewujudkan mimpi menjadi penulis yang sukses.
Selama masa pencarian ide, judul, dan sebagainya ini, berbagai hal menarik seakan terpampang jelas didepan mata. Selayaknya sedang menonton film. Seakan di layar film itu kita sudah menjadi seorang penulis produktif dan sukses. Dikerubuti para penggemar. Tandatangan menjadi tuah sakti dan mahal.
Itu baru proses kreatif yang sifatnya abstrak. Biasanya dari proses imaginasi ini mampu meningkatkan adrenalin dan semangat untuk menuangkannya diatas kertas.

2. Kegiatan menuliskan ide menjadi sebuah tulisan.
Proses ini bila diibaratkan seperti menyusun puzzle yang sudah terbayang polanya seperti apa. Dimulai dari tepi, lalu merambat mulai ke tengah dan selesai.
Begitu pula dengan kegiatan menuliskan materi tulisan. Dimulai dari judul, rumusan dan batasan masalah, pembahasan dan terakhir kesimpulan.

3. Euforia yang luar biasa ketika mampu menyelesaikan sebuah tulisan.
Saya menganalogikan proses kegiatan menulis ini seperti seorang ibu yang berjuang keras melahirkan bayinya. Sebab, menulis merupakan salah satu proses olah rasa dan olah kata seseorang yang melibatkan seluruh elemen software hidupnya. Yakni fisik dan jiwa. Bukankah kelahiran bayi mendatangkan euforia luar biasa bagi kedua orang tuanya dan orang disekelilingnya?

4. Writerpreneur.
Pada akhirnya, ukuran sukses itu ukurannya adalah uang. Ujung-Ujungnya Duit (UUD). Ketika tulisan muncul di media apapun, itu memiliki nilai jual. Hasil olah pikir sang penulis diapresiasi oleh pembaca dan penerbit. Dewasa ini, profesi penulis setara dengan profesi lainnya yang mampu menghasilkan uang yang banyak.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa tulisan yang ditulis sepenuh hati oleh penulisnya, akan mampu menyentuh pembacanya tepat disasarannya.

Bila ketagihan zat terlarang diatas memang dilarang. Maka ketagihan menulis sangat didukung, disarankan dan sangat recomended!

#edisimenulisartikel
#nova yulfia
#tugas 1

You May Also Like

0 komentar