Ujian untuk naik kelas

by - Agustus 07, 2016

Layaknya di bangku sekolah, ada ujian. Yang bertujuan untuk menguji sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran yang telah dipelajarinya selama ini. Perolehan nilai bagus adalah ganjaran bagi usahanya menempuh ujian itu dengan sabar, teliti dan cermat. Maka ia berhak naik ke kelas berikutnya.
Namun bila sebaliknya, bila tak didapat nilai baik atau tidak lulus artinya ia harus mengulang kembali untuk belajar lebih keras dari sebelumnya.
Begitulah hidup. Tuhan hanya memberikan ujian pada orang yang melewati setiap proses kehidupan. Dan ujian itu diberikan Tuhan pada masing-masing individu dengan soal yang berbeda pula.
Soalnya biasa berputar sekitar: kekurangan harta, rasa takut, kesehatan, anak, pasangan.
Diperlukan tingkat kesabaran, ketelitian dan kecermatan pada level -tawakkal- tertinggi.
Bagi yang memeluk Tuhan dengan erat biasanya mampu menyelesaikannya. Tapi bagi yang mengabaikan Tuhan, ujian itu bagai tak pernah selesai. Berputar terus didalamnya. Maka hidup pun terasa lama dan membosankan. Padahal batas waktu pengerjaan soal Tuhan tiap orang berbeda. Rahasia. Kadang sedang mengerjakan soal tentang kekurangan harta, ia dipanggil. Bel tanda game over berbunyi. Syukur-syukur ia dalam kondisi mencinta Tuhan. Bila tidak, entahlah.
Mari eratkan pelukan pada Tuhan, basahi bibir dengan senantiasa memuji nama-Nya. Semoga semua soal tersebut dapat terselesaikan sebelum bel dan Izrail menjemput. Amin.

#edisiMuhasabah
#NovaYulfia

You May Also Like

0 komentar