Potret dunia pendidikan era 90-an

by - Agustus 02, 2016

Bagi orang yang lahir sekitar tahun 80-an dan menikmati masa kecil tahun 90-an tentu merasakan romantisme di lembaga pendidikan. Bagaimana tidak. Masa-masa indah itu masih lekat dalam memori saya.
Berangkat ke sekolah (SD) adalah sebuah semangat yang menggelora. Dari berbagai sudut rumah dan pelosok bocah berseragam merah putih berhamburan tumpah ruah menuju gedung sekolah. Binar keceriaan terpancar jelas dari sorot mata kanak-kanak mereka. Yang tinggal di gunung, sepatu ditenteng dalam kresek hitam. Takut mengotori lantai sekolah, kilah mereka. Bertemu para guru bagi mereka serupa berjumpa ibu kandung dengan senyum hangat yang menenangkan.
Bila pulang kerumah dan mengadukan bahwa disekolah disetrap guru. Jangan harap ayah ibu akan bersimpati pada kita atau membela membabi buta. Yang ada malah hukuman tadi ditambah lagi. Pesan klasik orang tua pada anak setiap berangkat sekolah biasanya: "belajar yang semangat ya nak dan hormati gurumu". Begitu terus setiap hari. Ah, sungguh romantisme yang teramat syahdu. Orang tua dan guru saling bekerja sama untuk mendidik anak-anak.
Hasilnya?
Lihatlah, anak-anak produk pendidikan 90-an kini menikmati hidup mereka. Apapun profesi dan tingkat ekonomi mereka. Menikmati dalam arti bahwa energi positif yang didapat dulu ditransfer dan diwariskan pada anak keturunannya.
Saya adalah salah satu produk pendidikan era romantis itu. Semua kasih sayang guru dan semangat cinta ilmu pengetahuan masih kuat terekam dalam kepala. Dan dengan bekal yang banyak itu, saya dan para orang tua (rata-rata sudah menjadi orang tua) mencoba turut serta membangun bangsa ini dengan memulainya dari keluarga masing-masing.
Insyaallah.

#edisiBerbagi
#Depok,3agustus2016
#NovaYulfia

You May Also Like

2 komentar

  1. cerita yang mengesankan....Nov,mengingatkan kenangan masa sd dulu

    BalasHapus
  2. Hai kak nova

    Isi walaupun pendek tak panjang sudah begitu bagus isinya.

    Dan akan lebih bagus bila ditulis lebih panjang.

    Poin yang harus diperbaiki
    1. Paragaf = harus ada ini. Saya amati ga ada. Kalo bisa untuk selalu ada paragraf.

    2. Kalo dari segi tampilan blog harus diperbaiki usahakan warna cerah yng mudah dilihat mata. Kalo tampilan hitam tulisan ungu saya rasa kurang serasi kurang keibu ibuan..

    Thank you

    BalasHapus