Anomali Kopi

by - Agustus 19, 2016


Kopi merupakan minuman yang hampir sejagat bumi mengenali dan mungkin separuhnya adalah penikmatnya.Ah, tak usahlah saya menjelaskan apa dan bagaimana minumankopi ini.
Beberapa ahli psikologi telah menganalisa korelasi antara sifat manusia dengan jenis kopi kegemarannya. (Nah, lhoooo,,,)
Sekarang ini banyak sekali jenis kopi di pasaran. Ada kopi hitam, latte, moccachino, capuccino, robusta,arabika, masih banyak lagi.
Dari seluruh jenis kopi itu, saya meng-klasifikasikan ke pada dua kategori saja. Yaitu, Kopi asli/hitam (tanpa atau dengan gula) dan kopi racikan.
Menurut psikolog, orang suka kopi hitam adalah tipe orang yang konvensional. Artinya, ia tidak terlalu suka perubahan, introvert dan perfecsionis. Sementara orang yang suka kopi racikan adalah kebalikannya. Ia tipe orang yang suka perubahan.Artinya ia seorang yang kekinian, selalu up to date, ekstrovert dan lebih ek spresif.
Dan, saya adalah penikmat kopi hitam sodara-sodara,,,
Sebab, menurut saya (analisa ala saya yang sok tau), kopi hitam itu unik dan antik, pun penikmatnya. Warna as li kopi itu hitam, dan hitam itu biasanya pahit (seperti k brotowali, sumpah pahit sekali). Hanya orang yang suka kejujuran yang mau menyelami rasa pahit si kopi. Entah kenapa saya suka mengkaitkan rasa kopi yang pahit dengan kejujuran.
Dulu, saya pecinta kopi capuccino, hampir setiap hari. Semakin lama saya pelajari "rasa".Bahwa ada korelasi antara kedalaman rasa kopi dengan faktor wisdom. Semakin dewasa orang semakin ia tinggalkan kopi racikan dan akhirnya bermuara di kopi hitam.
Akhirnya saya sampai pada sebuah kesimpulan bahwa :" lidah sebagai salah satu indera perasa manusia selaiknya menikmati rasa yang jujur, agar ia terbiasa mengeluarkan kalimat-kalimat yang jujur pula.
By the way, kopi favorit anda apa?

#edisimuhasabah
#tergelitik dari buku Filosofi Kopi "Dee

You May Also Like

0 komentar